MoU antara BRIN, Atomis, dan YEC

MoU antara BRIN, Atomis, dan YEC

YEC menandatangani MoU dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia (BRIN) dan Atomis Inc. – Membangun sistem untuk smart gas network dan mendorong pengembangan bisnis –

Yachiyo Engineering Co., Ltd. (YEC), Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia (BRIN), dan Atomis Inc. (Atomis) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait “Kerja sama penelitian dan inovasi di bidang nanoteknologi dan material” pada hari Jumat, 13 Oktober 2023.

Penandatanganan MoU diadakan di kantor pusat BRIN Jakarta, Indonesia, dengan dihadiri oleh Dr. Ratno Nuryadi selaku Kepala Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material, Daisuke Asari CEO Atomis, dan Tsutomu Takahashi Presiden YEC. Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc, Ketua BRIN serta Kenji Kanasugi Duta Besar Jepang untuk Indonesia juga hadir sebagai saksi.

Tujuan dan Latar Belakang MoU

Tujuan dari MoU ini adalah untuk mendorong pengembangan teknologi PCP/MOF di Indonesia oleh ketiga pihak. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan bisnis operasi untuk pengembangan Konsep Smart Gas Network yang diusung oleh YEC dan Atomis.

Konsep Smart Gas Network adalah sistem di mana gas didistribusikan tanpa pipa dengan memanfaatkan CubiTan® yaitu kontainer gas bertekanan tinggi generasi terbaru yang diisi dengan PCP/MOF yang dikembangkan oleh Atomis sebagai adsorben, dan penggunaannya dapat dipantau serta dikelola dari jarak jauh melalui perangkat IoT. Sistem ini dirancang untuk mengoptimalkan pengiriman dan menghemat sumber daya. Sistem ini dapat berkontribusi untuk “mengoptimalkan proses pengiriman dan menghemat sumber daya” serta “meningkatkan kenyamanan bagi pengguna dengan mengetahui kapasitas gas yang tersisa.”

Selain itu, Indonesia memiliki perkebunan berskala besar di berbagai lokasi, dan biogas yang dihasilkan dari sisa-sisa tanaman tersebut masih belum dimanfaatkan. Dengan mengisi dan mendistribusikan CubiTan® dengan biogas tersebut, diharapkan solusi kami dapat mendukung produksi lokal untuk konsumsi energi lokal, dan mendorong untuk beralih ke energi terbarukan berbasis bio, sehingga berkontribusi pada masyarakat yang bebas karbon.

Berita
Berita Terkini
Tampil dalam Pameran Sains dan Teknologi Nasional 2024 di Thailand
Tampil dalam Pameran Sains dan Teknologi…
Kunjungan Kehormatan ke Duta Besar ASEAN dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia
Kunjungan Kehormatan ke Duta Besar ASEAN…
Pemberian JETRO untuk CubiTan® PoC di Indonesia
Pemberian JETRO untuk CubiTan® PoC di…
Tampil di Pameran ASEAN – Jepang
Tampil di Pameran ASEAN – Jepang
Berpartisipasi dalam Indonesia-Japan Fast Track Pitch Event 2023
Berpartisipasi dalam Indonesia-Japan Fast Track Pitch…
Logo Cubitan